Minggu, Februari 26, 2012

Fusngisida Alami


Fungsi fungisida adalah untuk membasmi jamur yang menyerang tanaman. Berbagai tanaman yang sering diserang jamur adalah tomat, cabai, dan kentang ataupun tanaman lain.

Cara membuat fungisida :
Bahan
1.   Jahe 1 kg
2.    Lengkuas 1 Kg
3.   kunyit 1 Kg
4.   labu siam
Cara membuat :
Keempat bahan tersebut diparut lalu diperas dan disaring diambil airnya. Masukkan air saringan tersebut ke dalam botol atau tempat air lainnya untuk persedianan sewaktu-waktu.
Pemakaian  :
Untuk pemakaian campurlah  setiap 1 liter air dengan 20 cc larutan fungisida tersebut.. Jika diperlukan untuk bahan perekat lain dan sekaligus sebagai protein bagi tanaman tambahkan 2 butir telur ayam untuk campuran fungisida alami

2. Mengendalikan Jamur / Cendawan :
Bahan : Kunir 1 Kg. Jahe 1 Kg dan Laos 1 kg
Cara membuatnya :
Ketiga bahan trsebut diparut dan diperas diambil airnya, air peresan dapat mengendallikan jamur/cendawan pada tanaman buah-buahan.
Penggunaannya :
Dua sendok makan peresan bahan dicampur dengan air 10-15 liter lalu disemprotkan pada tanaman yang terkena serangan jamur ( sebagai penangkal jamur ).

3. Mengendalikan Jamur / Cendawan antraknose/patek dan bercak ungu (alternaria porii):
Bahan : Kunir ,  Jahe, Kencur  dan  Laos
Cara membuatnya :
Semua bahan total beratnya 1 kg dengan berat masing-masing kira-kira sama. Ditumbuk halus (di blender), setelah berbentuk pasta campurkan 3 liter air.
Lalu ditambahkan Gambir  1 butir,  1ons gula pasir dan 1 liter EM4 (mikroorganisme). Larutan didiamkan selam 7 hari
Penggunaannya :
2 cc/ liter air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar